Sejarah Berdirinya AMIK-STMIK Jayanusa

Jayanusa | Jumat, 05 Juli 2013 - 17:04:56 WIB | dibaca: 2315 pembaca

Sejarah Berdirinya STMIK-AMIK Jayanusa Padang

Yayasan Bina Manajemen Informatika yang dipimpin oleh Bapak Irwan Kinun SE,Akt, M. Kom adalah salah satu lembaga swasta yang berada di Kota Padang dengan alamat jalan damar No. 69 E Padang, yang bergerak dalam bidang pendidikan. Yayasan ini didirikan pada tanggal 17 Mei 1993 seiring dengan berdirinya Andalas Institusi Manajemen (AIM).

AIM adalah program keahlian 1 tahun, dimana ketika pertama kali berdiri AIM memiliki 7 jurusan yaitu : Bisnis Manajemen, Teknik Informatika Komputer, Teknik Elektronika Komputer, Akuntansi, Perbankan, Bahasa Inggris, Eksekutif Sekretaris dan Teknik Kontruksi. Namun karena kurangnya peminat terhadap jurusan Teknik Kontruksi dikarenakan biaya operasi yang tinggi, maka pada tahun 1996 jurusan Teknik Kontruksi ini ditiadakan.

Dari tahun ke tahun AIM terus berkembang baik dari jumlah mahasiswa, fasilitas maupun materi perkuliahan, oleh sebab itu maka pada tanggal 3 September 1997 didrikan AMIK Jayanusa Program Diploma III Komputer dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 54/0/0/1997, dengan satu Program Studi yakni Manajemen Informatika dan Komputer. Pada tahun 2002 didirikan juga Program Studi Sistem Informasi STMIK Jayanusa didirikan dengan status terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas RI No.163/D/0/2002 tanggal 02 Agustus 2002.

AMIK-STMIK Jayanusa semenjak berdirinya sampai sekarang berusaha meningkatkan mutu pendidikannya serta menyiapkan fasilitas pendukung dalam menunjang proses belajar mengajar para mahasiswa seperti salah satu fasilitas mendukung itu antara lain labor komputer.

Ruangan labor yang dulunya hanya dua sekarang menjadi tiga buah labor komputer dan satu labor elektronika. Ruangan labor yang semuanya terletak dilantai satu ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung diantaranya AC untuk pendingin sehingga membuat sejuk mahasiswa yang sedang belajar maupun yang sedang praktek bebas dilabor tersebut.